Samstag, 23. Januar 2010

Kepala Dua


Sekarang MJ udah makin jauh meninggalkan masa bayi, deh. :-D

Menjelang usia 20 bulan ini, akhirnya MJ beratnya nambah: 11,1 kg!
Masih dibilang ringan sih, tapi siapa pun yang lihat MJ, nggak bisa bilang kalau MJ itu kurus. Ah, sudahlah, yang penting kan MJ itu sehat dan aktif.
Tinggi masih di sekitar 84-85 cm.

Dari segi bahasa nih, MJ udah bikin kemajuan daripada bulan lalu.
Kosa kata baru:
- traktor
- susu
- neyneyney! (nein! nein!nein! -- tidak! tidak! tidak!)
- apol (apel)
- mnum (minum)
- Nano (Noah, teman mainnya)
- Sasa atau Sasou (Fransiska, teman mainnya)
- papo (opa)
- mamo (oma)
- tatata (berusaha meniru bunyi ambulans, mobil polisi, mobil kebakaran di sini: tatütata, eh kalau ini sih sebenarnya udah lama, cuma lupa aja ditulis)
- tutut! (niruin suara lokomotif, biasanya sih pas lagi makan, jadinya dia sendokin makanannya, terus bilang "tutut!", buka mulutnya, lalu masukin makannya ke mulut, hehehe)
- halo (ini juga udah lama...dari pas di Turki)
- bai-bai (bye bye, juga sejak di Turki).

Yang lucu tuh, MJ sekarang suka bilang "Ssss..." dan tiduran dan menutup mata, pura-pura tidur. Kalau pagi-pagi tuh, tiap Mama masuk kamar MJ, suka diprotes deh sama MJ kalau Mama bilang, "Halo, Marian!"
Biasanya kan MJ itu nggak sabaran buat keluar dari tempat tidur, malah protes kalau Mama harus membaringkan MJ kembali supaya bisa buka Schlafsack, eh sekarang sih...malah terus berbaring gitu.
Jadi, kalau Mama ngomong dengan kekerasan suara biasa, MJ langsung bilang, "Mama, ssss...!"
Senang banget deh, MJ kalau udah gitu punggungnya dielus-elus. Terus bangun, dan MJ tunjuk Cosy, bilang "Ssss..." lagi, ngasih tahu Mama kalau Cosy masih tidur, hahaha...

Pas naik mobil bareng Katrin dan Elias, MJ juga begitu dengar Katrin bilang kalau Elias bobo, MJ yang tadinya ngoceh, langsung diam dan ngomong pelan banget, plus "Ssss..." sambil tunjuk-tunjuk Elias yang duduk di depan. Lucu banget, deh! Pintar, anak Mama! :-D

Hari Kamis kemarin (21/01), MJ diimunisasi lagi. Berhubung Papa juga harus ke dokter gigi, jadi deh...Mama pergi bareng Rhena. Sedih banget, kayaknya nggak mau lagi deh harus pegangin MJ kalau MJ harus disuntik. MJ nangis kencang banget dan memanggil-manggil Mama sambil meluk leher Mama erat banget, begitu lihat dokter. Yang bikin Mama sedih, Mama malah memegang erat MJ dan terpaksa menghiraukan keinginan MJ.
Sampai hari ini, tiap Mama buka celana MJ, langsung deh MJ panik. Nangis lagi dan bergelayut lagi di leher Mama. Susah banget jadinya kalau mau ganti popok ataupun ganti baju.

Sekarang juga lagi hobi lompat dari sofa. Terus manjat sih udah nggak usah ditanya lagi.
Nyanyi juga udah mulai, dan mulai belajar yodel, hahaha...
Sama salju juga cinta berat, dan bahkan sama es yang licin itu tuh...MJ malah demen banget! Jadi kalau lagi jalan, dia justru cari bagian yang es, dan meluncur-meluncur gitu. Ternyata keseimbangan badan MJ bagus, lho! Jatuh sih iya lah, beberapa kali, tapi sering juga nggak jatuh.

Masih hobi bantu Mama, terutama kalau Mama lagi di dapur. Kalau lagi masak atau potong-potong, Mama udah nggak perlu gendong-gendong lagi. MJ tarik salah satu kursi makan, lalu dekatkan ke Mama, dan berdiri deh di situ, lihat sana-sini. Terus kalau soal oles-oles loyang pakai mentega, Mama biarin MJ bantu Mama. :-D

Di sisi lain, ya seperti umumnya anak seumuran MJ (umur 2 itu kan disebut juga Terrible Two, ada anak yang lebih cepat ngalaminnya, ada yang lebih lambat), MJ juga mulai-mulai makin parah mencobai kesabaran Papa dan Mama yang sampai capek banget, tapi ya harus sebisa mungkin konsekuen supaya MJ ngerti dan tahu batas. Toh, semua orang mengalami ini, Papa dan Mama juga pasti bisa, apalagi kan MJ sebenarnya anaknya itu mau mendengar. :-)

Oh iya, sekarang MJ udah mulai nggak nagih nenen. Rekor itu 3 hari berturut-turut nggak minta. Tapi hari ke-4, entah bagaimana dia ingat dan langsung maksa, malah sampai 2 kali, hihihi. Terus kadang kalau lagi di luar gitu, terus MJ mulai cranky, pasti deh minta nenen. Selesai nenen, MJ langsung moodnya baik lagi. Pelan tapi pasti sepertinya sudah mulai berhenti, ya. Bagus sih, udah hampir 2 tahun, kan? Hihihi...

Sehat terus ya, Nak! Papa dan Mama cinta kamu! :-*

2 Kommentare:

nie hat gesagt…

Awww... Ga kerasa yah perkembangannya pesat si MJ!!! Udah pinter ngoceh juga. Bener banget, soal terrible two, kalo kita ajarin anak itu mendengarkan, pasti ga gitu parah koq ya :)

d3vy hat gesagt…

hmm.. sebentar lagi 2 tahun niy...
;)