Sonntag, 3. Januar 2010

19 Bulan...!


Telatnya kali ini nggak kira-kira, ya? 12 hari! Hihihi...
Bukannya malas atau nggak niat, tapi kan kemarin itu pergi liburan (tanpa internet), terus begitu pulang harus ngurus cucian, terus belanja, beres ini-itu, terus tahun baruan, terus Mama dikejar-kejar DL buat nerjemahin, terus ada pesta ultah, terus Oma-Opa Koblenz datang, terus...alasan aja terus! ;))

Sebulan belakangan ini, perkembangan yang paling kentara itu kemampuan bahasa. MJ udah bisa ngomong "nenen", "halo", "Nana" (nama teman Mama, dan juga untuk Rhena), "bye bye", dan "popo" (pantat, dalam Bahasa Jerman).
Kalau udah ngoceh, ampuuuun deh. Nggak berhenti-henti. Apalagi kalau pas di meja makan, bukannya makan, malah ngoceh terus. Papa sampai malas nanggapi MJ yang ngoceh nggak jelas, terpaksa Mama deh yang meladeni MJ.
MJ juga udah bisa nyebut nama sendiri, lho, tapi masih belum utuh, alias "Ma ma", intonasinya sih beda sama saat MJ bilang "Mama".

Gigi udah tumbuh lagi tuh 1 taring bawah kiri, jadi totalnya udah ada 15 buah.
Taring bawah kanan juga udah terlihat akan muncul, tapi belum keluar. Dan pantat MJ merah lagi, tanda mau tumbuh gigi lagi, sepertinya sih geraham belakang (ya iyalah, mau yang mana lagi? Hihihi...)

Tinggi juga udah nambah, tepatnya sih nggak tahu berapa, tapi yang pasti sih lebih lah dari 80 cm.
Berat badan udah lama nggak ditimbang, tapi kayaknya sih tetap stabil di 10,7 - 11 kg. Iya, tetap kurus, kecuali pipinya itu. Dan perutnya, itu pun kalau habis makan. :-p

Belakangan ini kalau mau ganti popok nggak perlu berantem dulu. Malah MJ kalau lagi mood dengan sukarela membaringkan diri, hahaha.
Terus kalau diminta "Popo hoch!" ("Naikin pantat!"), MJ langsung bersangga pada kakinya, menaikkan pantat, memudahkan Papa dan Mama memasang popok. Cuma aja..., MJ sering jahil, nggak mau nurunin pantat, atau kalau udah diturunin...langsung dinaikin lagi sambil cekikikan.

MJ gelian banget, bisa sampai ngakak gitu kalau dikilikitik. Dan juga sekarang hobi (mencoba) untuk kilikitik Papa dan Mama. Sebenarnya sih gak geli, tapi demi meyemangati dan menghargai MJ, ya pura-pura geli deh. :-D

Kalau lihat genangan air, MJ senang banget. Langsung deh main air. Lompat-lompat gitu di genangan air, sampai celana suka jadi basah.
Terus, lagi tergila-gila banget sama mobil-mobilan dan pesawat.
Ada kejadian lucu, Papa dan Mama ngajak MJ ke toko mainan, dan nyuruh MJ pilih mobil-mobilan. MJ senang banget, main sama 2 buah mobil. Terus disuruh milih, mau yang mana, eh...MJ malah menggeleng. Sekali lagi ditanya, tetap menggeleng. Ganti pertanyaan, "Marian mau dibeliin mobil-mobilan nggak?"
MJ menggeleng lagi, dan mengembalikan mainan itu ke tempatnya dan melenggang pergi.
Waaaa..., asyik, anakku nggak mau dibeliin mainan. Pengiritan, nih! *ditimpuk*

Mama yang terbawa emosi untuk membelikan MJ mobil-mobilan pun akhirnya berjanji dalam hati, "Harus!"
Terus pas mampir ke toko sepatu, eh lihat ada satu paket mobil-mobilan keren. Langsung jatuh cinta, deh. Isinya tuh satu mobil polisi, satu ambulance, dan satu mobil pemadam kebakaran. Pokoknya bagus banget, langsung dah Mama beli. Dan ternyata, begitu sampai di rumah...MJ senang banget pas lihat mobil-mobilan itu. Langsung dimainin terus. Ah, senangnya! :-D

Hobby MJ lainnya itu ngeluarin piring dari mesin cuci. Udah deh, sibuk benar! :-D
Terus suka cuci tangan juga, dan nggak kuat lihat krim muka nganggur, MJ buka deh dan gosok-gosok ke muka. Tapi kalau Mama yang gosokin, huh...nggak suka!
Suka ngambek kalau Mama buang popok bekas, maunya sih dia yang buang.
Kalau Mama keluarin baju MJ dari lemari, MJ langsung bantu. Ditaruh tuh satu per satu di sisi tempat ganti popok. :-D
Tiap mau pergi juga MJ sibuk cari jaketnya, dan berusaha untuk pakai topi dan jaket sendiri. Lucu banget deh, topinya miring-miring. Jaket sih sama sekali belum bisa.
Kalau lepas jaket sih udah ahli dari beberapa minggu yang lalu.
MJ juga mulai coba-coba untuk pasang sepatu sendiri (dan masih harus belajar...). :-)
Udah nggak musuhan juga sama sarung tangan, syukurnya... Pas banget lah sama udara di luar yang dingin menusuk tulang itu. :-p

MJ juga penasaran banget anaknya. Belakangan ini, misalnya, pas Mama dapat haid. Ribut aja deh MJ, tunjuk ini-itu, tanya ini-itu. Ya udah deh, Mama jawab apa adanya secara singkat. Abisnya Mama kan nggak tahu harus jelasin apa lagi, nggak ngerti lah ke anak kecil harus ngomong apa.

Panjat-memanjat kayaknya memang nggak bisa dipisahkan dari anak-anak, ya? MJ juga! :-D
Sekarang tuh tiap mau makan, dia manjat sendiri kursi makannya, lalu duduk sambil berusaha untuk pakai bib-nya (yang manjat dan duduk sih berhasil, pakai bib masih belum, hehehe). Selesai makan? Nunjuk waslapnya, Mama tinggal basahin, lalu kasih ke MJ yang sibuk lap mulut dan tangannya. Mama tinggal lap sekali lagi, lalu lepasin bib, dan MJ manjat turun kursinya sendiri. :-D
Tangga juga bukan tantangan lagi buat MJ. Udah sama sekali nggak mau dibantu. Kalau dipegang tangannya, MJ malah ngambek. ;))

Kalau Mama lagi masak, MJ juga harus lihat. Minta digendong.
Kalau Mama lagi nggak bisa gendong, MJ langsung dorong kursi ke dekat Mama, dan manjat kursi, jadi bisa lihat, deh. Tapi Mama jadi bolak-balik bilang, "Ini panas, ya!", "Itu juga", dan tentunya menjauhkan pisau dari jangkauan. Repooot! :-p
Makin repot lagi kalau dia lihat telor, langsung kalap minta makan, mana mau tahu kalau telor itu buat kue, atau kalau MJ nggak boleh terlalu banyak makan telor? :))
Tinggal Mama deh yang harus ngotot-ngototan sama MJ.

Liburan Natal ini membawa berkah. Papa ada di rumah terus, dan...ternyata...MJ malah jadi nyariin Mama terus, hahaha...!
Biasanya kan apa-apa itu Papa. Papa is the best, lah!
Eh, tapi mungkin karena keseringan ketemu Papa, sekarang MJ malah selalu larinya ke Mama, manggil-manggil Mama. :-p
Atau mungkin lagi masanya kali ya, jadi anak mama. Apa-apa harus Mama, dan hanya Mama. Sampai-sampai pas makan di luar tuh, nggak mau duduk di kursi bayi. Maunya di pangkuan Mama. Dicoba didudukin di kursi bayi, langsung nangis kejer dan badan pun jadi kaku. :))
Ditanya Papa, apa mau duduk di pangkuan Papa, tangisannya makin keras lagi sambil teriak, "Mama! Mama...!", muka pun merah padam, dan terbatuk-batuk, badan tetap kejang. =))
Papa pun menyerah, dan menyerahkan MJ ke pelukan Mama. MJ langsung nangis tersedu-sedu, sambil meluk erat leher Mama, sebelum duduk di pangkuan Mama dan berceloteh senang sambil makan. :-p

Selamat ulbul ya, Marian! :-*

Eh iya, Mama juga masih lupa aja ngasih MJ uang receh buat ditaruh di celengan. Itu kan kebiasaan, tiap MJ ulbul, dapat deh 1 Euro. Kan pikir-pikir, lumayan...kalau ditabung terus sampai umur 18 tahun gitu, bisa lah bantu-bantu bikin SIM atau apa lah gitu, hihihi...
Nanti ya, kalau MJ udah bangun dari bobo siang.

P.S.: Gambar diambil tepat di hari ulbul MJ.

2 Kommentare:

nie hat gesagt…

awwww... pinter banget si MJ! tambah ulbul tambah banyak nih kepinteran2 barunya! Happy month-day, MJ!!!! :)

d3vy hat gesagt…

selamat ulbul...
(party)