Montag, 23. November 2009

18 bulan


Sekarang makin terasa deh, kenapa buat orangtua, terkadang anak itu tetap bayi kecil. :-D
Biarpun rasanya udah lama banget hidup ini diramaikan dengan kehadiran MJ, tapi semuanya itu masih segar dalam ingatan, saat MJ yang baru berusia sekian menit, mencoba ngintip-ngintip ingin tahu seperti apa sih dunia itu, dan buru-buru memejamkan mata lagi karena silau. Masih banyak lagi ingatan indah yang menghiasi 18 bulan terakhir ini.

Berat MJ kayaknya nggak beda dari bulan lalu. Masih langsing, kecuali pipinya, huhuhu. Tapi nggak apa-apa, yang penting masih aktif. Kalau tinggi, udah lebih tinggi 0,5 cm.

Masih galak banget. Untungnya ke Papa dan Mama udah nggak segalak bulan lalu. Tapi ke anak lain, ampun dah. Udah terkenal deh, harus hati-hati sama MJ karena suka mukul dan gigit. Nggak peduli, anak seumuran atau anak yang lebih besar. Kemarin itu malah berantem rebutan mobil sama anak umur 3 tahun, yang jauh lebih tinggi dan gendut. Dua minggu yang lalu malah sukses mukul anak laki-laki umur 4,5 tahun sampai anak itu nangis dan lari ke mamanya.

Minggu lalu, pas Hauskreis, Mama udah terharu banget lihat MJ meluk seorang anak perempuan seumuran MJ. Ditambah lagi, MJ cium kepala anak itu.
Tapi...itu ternyata tipuan! Mama baru sadar apa yang terjadi setelah anak itu nangis kencang. Ternyata MJ nggak mencium, tapi menggigit!
Aduh...! Sedih banget!
Tapi ya kata para ortu sih, wajar...! Ada anak yang bawaannya gitu. Biasanya sih sampai umur 3 tahun. Aduh, Mama harus sabar-sabar dah sambil terus kasih tahu MJ bahwa mukul atau ngigit itu salah...

Lagi cinta abis sama yang namanya mobil, sepeda, sepeda motor, backhoe, traktor, crane, pesawat terbang, kereta api, dan bus.
Kalau pas main bareng (entah di Spielkreis ataupun Hauskreis), udah deh...semua jenis mainan yang udah disebut tadi itu dikumpulin semua sama MJ (artinya: ambil paksa dari anak lain). Udah gitu, kalau ada yang mendekat ke koleksi mobil (rampokan) itu, langsung deh keluar teriakan dari mulut MJ. Kalau masih nekad mendekat, melayanglah pukulan. :-(
Padahal ya, semua itu bukan mainan MJ. Kasihan banget anak-anak lain, mau main mainan sendiri malah kena pukul.

MJ masih harus belajar juga tentang berbagi.
Kalau ke Papa dan Mama sih masih mau ngasih, tapi ke orang lain sih jangan harap!
Kemarin, contohnya, pas ke gereja kan bawa satu boneka dan buku MJ. Terus Josua (9 bulan) pengen main sama boneka. Papa kasih dong, karena MJ kan lagi sibuk sama buku kesayangan MJ saat ini (ya dengan tema kendaraan itu). Eh, MJ marah dan langsung rebut balik bonekanya.
Kasihan sih sama Josua, tapi MJ belum bisa ngerti. Jadi ingat sama kejadian pas dulu MJ masih kecil. Dia juga kan dulu selalu jadi korban anak-anak yang lebih besar, hehehe...

Gigi udah ada 14 buah. Tinggal 6 lagi, komplit deh paket gigi bungsunya. :-D
Masih belum bisa ngomong, tapi tetap hobi ngoceh.
Udah makin perhatian sama sekitar.
Mulai anti sama buggy, maunya jalan. Kalaupun capek, maka harus ada perang dunia dulu sampai MJ akhirnya berhasil didudukkan di buggy. MJ sukanya sih kalau dia udah capek ya digendong, tapi Papa larang Mama gendong-gendong MJ terlalu sering, takut punggung Mama sakit lagi.

Apa lagi, ya?
Oh, sekarang MJ mulai anti lagi sama orang "asing". Sama Oma Ilse aja, begitu digendong langsung memberontak dan kabur ke Mama sambil manggil-manggil Mama dengan histeris. Oma Ilse sampai geleng-geleng kepala.
Terus pas nebeng mobil Katrin, kan MJ dibantu Katrin untuk diduduk. Baru juga dipegang tangannya, MJ langsung nangis manggilin Mama (yang duduk tepat di sebelah MJ!). Pokoknya, cuma Papa dan Mama (dan Rhena) yang boleh pegang-pegang MJ.
Kalau jatuh gitu, biarpun udah digendong dan ditenangkan sama Papa, pasti ribut minta digendong Mama sambil nangis (lagi!).

Eh iya, tanggal 17 kemarin kan diimunisasi tuh.
Seperti biasa, begitu lihat dokternya, dia langsung nangis. Padahal belum juga disuntik. Nangisnya langsung berhenti begitu dikasih kue sama dokter. Dan, tentunya 1 keping kue nggak cukup, dong! :-D
Nah, sampai sekarang nih, tiap kali MJ lihat kakinya (tanpa celana maupun stoking), dia langsung ribut lagi. Ngadu gitu. Ngoceh dengan nada sedih sambil tunjuk-tunjuk pahanya dan nunjuk-nunjuk ke arah luar. Maksudnya itu, "Mama/Papa, lihat ini, pahaku sakit disuntik sama Paman Dokter di luar situ tuh!"
Tiap hari minimal 4 kali.
Kapan lupanya sih, Nak? ;))





MJ juga suka sama lift. Sibuk pencet-pencet tombol.
Masih rajin juga bantu Mama sedot debu, ngoles mentega ke loyang, bantu kosongin mesin cuci (piring maupun pakaian), terus keluarin piring setiap mau makan.
Eh iya, MJ sekarang juga udah tahu, kalau mau makan, harus doa dulu. Jadi sama dia tuh piring dan gelasnya dia singkirin dulu, terus tepuk tangan dan nyanyi (doa), udah gitu gandeng tangan Mama dan/atau Papa, lalu tarik lagi piring dan gelas, mulai lah makan dan minum, hehehe.

Dari Musikgarten, MJ sekarang udah nambah kebisaan motoriknya. Bisa tippen (mengadu ujung-ujung kedua jari telunjuknya), bohren (salah satu jari telunjuk 'mengebor' telapak tangan lainnya), drehen (memutar-mutar kedua lengannya di depan dadanya). Nggak pemalu juga, malah selalu maju ke gurunya.
Terus kalau dapat Xylophone, hal yang pertama dilakukan itu bukannya mainin alat musik itu, tapi sibuk merhatiin paku dan hal-hal lainnya (kayak lepasin, terus pasang lagi), hehehe.

Rame banget ya, sekarang?
Nggak bisa dibandingin deh sama 18 bulan yang lalu.
Dulu nurut banget, sekarang udah mulai melawan.
Dulu mau aja tiduran terus, sekarang sih mana mau! Lari, ngotak-ngatik, manjat (gila sekarang, manjatnya!).

Tapi tetap aja, Papa dan Mama cinta MJ.
Selamat ulang bulan ya, MJ. Sehat selalu, dan terus berkembang.
Maafkan Papa dan Mama juga yang sering nggak sabar.

2 Kommentare:

nie hat gesagt…

Met ulang bulan, MJ!!! Semoga kalo ketemu, tante Sherly ga digebukin ato digigitin yah hehehehe...
Jadi inget adikku pas umur2 segini udah ga mau buggy, maunya gendong, yg bikin encok!! hahaha!

d3vy hat gesagt…

Jagoan, jangan takut disuntik yaa...mwaah